Tuesday, March 12, 2013

7 Tips Menjadi Pemimpin Dalam Tim


Dalam pendidikan dan pekerjaan Anda pasti dipenuhi dengan tim-tim yang terdiri dari orang-orang yang memiliki kemampuan masing-masing. Kemampuan untuk bekerjasama dengan orang lain, merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis, dan sangat penting dalam pengembangan pribadi. Berikut ini adalah 7 tips yang dapat mengubah Anda dari seorang individualis menjadi pemimpin tim yang hebat.
1. Bagilah tugas secara merata, jelas, dan hindarilah tumpang tindih.
Hal yang paling menguntungkan dari bekerja dalam tim adalah jumlah dari pekerja itu sendiri. Tapi hal ini tidak akan berjalan apabila seluruh anggota tim hanya duduk menghadapi satu computer saja dan hanya menghasilkan satu pekerjaan. Seringkali terjadi orang-orang dalam satu grup duduk mengitari satu laptop. Sementara salah satu orang duduk mengetik, lainnya mungkin hanya akan bercakap-cakap, dan yang lainnya tidak berkontribusi apa-apa.
Pekerjaan akan terselesaikan dengan efektif apabila setiap anggota kelompok memiliki pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing. Membagikan tanggung jawab juga akan meningkatkan motivasi dan ego mereka, juga menantang mereka untuk mampu berpikir secara kreatif. Dengan membagikan tugas kepada anggota tim Anda, Anda akan membuat mereka belajar untuk menyampaikan pendapat, dan bekerja sama dengan orang lain. Hal ini mungkin sulit diterapkan dalam situasi dimana pembagian pekerjaannya dianggap tidak merata. Maka dari itu Anda harus benar-benar memastikan bahwa tidak ada ketidakseimbangan dalam pembagian tugas tersebut.
2. Buatlah jadwal rapat yang tetap
Salah satu kesulitan dalam bekerja tim adalah mengatur jadwal untuk rapat. Kesulitan ini sudah sering dialami oleh banyak pemimpin. Dan inilah tips untuk mengatasi masalah tersebut.
Teknik ini bisa ideal jika Anda merupakan seorang mahasiswa di suatu Universitas, dimana anggota tim Anda umumnya memiliki jadwal waktu yang hampir mirip satu dengan yang lainnya. Kenyataannya banyak orang-orang yang tidak memanfaatkan kesamaan waktu ini. Mereka malah menghabiskan waktu dengan mengatur jadwal rapat tanpa menghasilkan hasil apa-apa. Jadwal rapat yang teratur tiap minggunya memang sangat penting untuk diterapkan. Saat dikejar deadline, akan dibutuhkan juga rapat tambahan, tapi nilai dari rapat rutin perminggu tetap sama pentingnya. Dengan mengadakan rapat rutin perminggu, Anda dapat mengetahui perkembangan yang terjadi dalam kelompok Anda, dan Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk berkomunikasi dengan anggota kelompok Anda untuk menyelesaikan masalah.
3. Buatlah semua orang merasa penting.
Untuk menghasilkan hasil yang maksimal dalam satu tim, motivasilah tim anda. Buatlah mereka merasa penting, dan dibutuhkan keberadannya dalam tim Anda. Sekecil apapun pekerjaan yang mereka kontribusikan, akan sangat berarti dan berpengaruh dalam kesuksesan tim Anda. Dengan merasa penting sebagai bagian dari tim, anggota tim Anda akan semakin termotivasi dan terdorong untuk menghasilkan yang terbaik dari yang mereka miliki.
4. Jangan pernah secara kasar menentang ide seseorang.
Konsekuensi dari mencampurkan banyak ide dalam satu tim adalah banyaknya ketidakcocokan dalam tim. Reaksi yang Anda berikan akan sangat berpengaruh terhadap kinerja tim nantinya. Cara penyampaian pendapat Anda terhadap suatu ide harus benar-benar diperhatikan.
Walaupun Anda tidak secara verbal merespon ketidak setujuan Anda dengan ide tersebut, mimik wajah Anda juga bisa berpengaruh. Jadi saat Anda mendengarkan sebuah ide yang menurut Anda tidak tepat, dengarkanlah dahulu ide tersebut, bersikaplah bahwa Anda antusias dengan ide tersebut. Anda harus bisa mengubah cara mereka melihat ide mereka sendiri, dan Anda juga harus mampu membuat mereka melihat ide itu dari cara pandang Anda. Karena itu Anda sendiri pun harus mampu melihat ide itu dari sudut pandang mereka. Jika ide tersebut benar-benar tidak akan baik untuk dijalankan, yang harus Anda lakukan adalah bicarakanlah ide tersebut secara antusias sampai mencapai titik dimana ide tersebut menghasilkan hasil yang buruk untuk tim, bersikaplah seolah-olah Anda ikut menyayangkan kekurangan ide tersebut, Anda juga dapat mengatakan bahwa ide yang Anda sampaikan juga bisa keliru, dan setelah itu akan lebih mudah bagi mereka untuk mengakui kesalahan mereka dan melanjutkan pekerjaan. Mereka akan lebih mendengarkan orang-orang yang mereka anggap mendukung ide mereka, daripada seseorang yang secara gamblang menentang mereka.
5. Ketahuilah Nama Anggota Tim Anda.
Mungkin Anda akan tertawa mendengar hal ini, dan berkata dalam hati, “ya tentu saja saya mengenal semua nama anggota tim saya.” Anggaplah Anda adalah sebuah pengecualian. Kenyataanya banyak terjadi keadaan dimana tim tidak saling mengenal satu sama lain, atau bahkan merasa sulit untuk melafalkan nama dari masing-masing anggota tim. Ini bukan lagi alasan. Kita semua selalu berpura-pura untuk mendengarkan nama seseorang setelah menanyakannya dua kali, dan walaupun kita tidak mendengarnya dengan jelas, kita tidak akan menanyakannya lagi karena hal itu dianggap tidak sopan.
Jika hal ini terjadi pada Anda, dan secara kebetulan Anda adalah bagian yang penting dalam tim Anda, hal ini akan menghambat performa tim Anda. Ketidak tahuan nama dari anggota tim Anda akan membuat Anda menghindari orang tersebut. Hal ini dapat berujung pada keadaan dimana orang-orang tersebut tidak diikut sertakan dalam pengambilan keputusan dalam tim.
6. Pujilah tim Anda dengan tulus
Salah satu konsep dalam manajemen yang paling terkenal di berbagai tempat adalah bahwa seekor anjung akan bersikap baik jika diberikan hadiah, dan membenci cambukan. Apakah Anda merupakan tipe orang yang sering memberikan hadiah, atau cambukan? Atau keduanya?
Cambukan yang dimaksud disini adalah kritik, mempermalukan, dan meremehkan orang lain. Mungkin tanpa Anda sadari, Anda sudah pernah memberikan beberapa cambukan yang kepada anggota tim Anda. Hal ini masih bisa diterima, tapi apakah ini merupakan cara yang efektif? Apakah Anda tidak ingin untuk menjadi orang yang brilian dan dihormati oleh anggota tim Anda?
Mengkritik orang lain memang merupakan hal yang mudah dilakukan, dan Anda mungkin telah sering melakukannya. Tapi Anda harus mengingat satu hal yang sangat penting. Orang yang Anda kritik akan mengingat kritikan Anda. Berita baiknya, hal ini juga berlaku terhadap pujian. Satu pujian kecil memiliki kesempatan yang besar untuk bisa mengembangkan seseorang, mengubah cara pandang mereka dan memotivasi mereka. Anda mungkin juga tidak akan sadar saat Anda memuji orang lain. Maka dari itu, mulailah mempelajari cara untuk memuji orang lain dengan tulus. Hargailah mereka dengan motivasi, dan doronglah mereka untuk terus optimis, meskipun mereka melakukan kesalahan. Ingatlah saat Anda berpikir bahwa Anda sanggup, Anda akan mampu.
7. Pimpinlah Tim Anda
Hal ini merupakan hal yang prinsipal dalam setiap kepemimpinan, belajarlah untuk memimpin. Buatlah anggota tim anda melakukan apa yang Anda katakana dengan senang hati. Buatlah mereka mencintai Anda dengan terlebih dahulu memahami mereka secara personal. Pelajarilah kekurangan dan kelebihan mereka, apa yang dapat memotivasi mereka, apa ketakutan mereka dan apa yang mereka impikan. Jadilah pemimpin yang bisa menuntun anggota tim Anda menuju kesuksesan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment